Pin It
Menu

cara merawat gigi balita yang baru tumbuh

April 10, 2017 | Anak Sehat, Sehat Bugar

Karena banyak masukan yang rekues info tentang cara merawat gigi balita yang baru tumbuh, Kami akan menyampaikan cara merawat gigi anak atau bayi anda sesuai tahapan tumbuh kembang anak.

cara-merawat-gigi-anak-balita-dan-gigi-susu-dengan-benar-300x200 cara merawat gigi balita yang baru tumbuh

Umumnya kelainan atau tatanan gigi yang tidak teratur merupakan salah satu probelama dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Memang dapat dikatakan dalam masa pertumbuhan anak balita gigi yang tumbuh adalah jenis “Gigi Susu” yang notabennya dapat berganti atau tanggal dan digantikan gigi yang baru dikemudian hari. Walaupun keberadaan gigi susu yang hanya sementara, perlu diperhatikan karena tatanan gigi susu sebelumnya akan menentukan kesehatan dan bentuk gusi dikemudian hari ketika dia dewasa. Karena itu peran orangtualah yang harus merawat dan memperhatikan gigi anak atau bayi dengan baik dan benar.

Merawat gigi bayi dalam masa pertumbuhan dapat dilakukan sejak berusia 0-6 bulan dan tahap-tahap selanjutnya, tahapan dalam perawatan gigi sesuai usia anak antara lain sebagai berikut :

 

  1. Cara merawat mulut bayi pada saat usia 0 – 6 bulan:

Usia ditahap ini memang melum ada ditemui gigi dalam masa awal usia bayi, namun perlu diperhatikan sisa anak meminum susu atau ASI jika tidak dibersihkan juga akan menjadi sesuatu yang dapat mengganggu gusi anak atau bayi anda. Berikut cara membersihkan gusi bayi :

  1. Bersihkan gusi dengan menggunakan kain halus dan lembab atau dibasahi air matang, untuk sekedar membersihkan gusi, setidaknya dua kali sehari atau setelah meminum susu. Perlu diingat gunakan kain yang halus dan dibasahi dengan air matang.
  2. Jangan membiarkan bayi anak tertidur dengan masih meminum susu dengan dot dalam waktu yang lama. Karena ASI yang sudah dimasukkan dalam dot dan berada dalam keadaan terbuka lama akan bahaya untuk bayi, begitu pula susu formula bertahan hanya maksimal 2 jam dari pemberian.
  3. Selesai memberikan ASI atau susu formula, ingat untuk membersihkan gusi dengan cara sebelumnya
  4. Membuat susu formula atau ASI dalam botol jangan diberi cairan atau pemanis atau bahkan madu.

 

  1. Cara merawat mulut dan gigi bayi pada usia 7-12 bulan:

Usia ditahap ini beberapa anak akan mulai muncul gigi susu yang pertama ini bisa membuat anak panas badan dan sakit (merengek) berikut cara menjaga dan merawat gigi bayi :

  1. Bunda atau mom dapat bertanya kepada dokter anak atau dokter gigi jika merasa perlu dicek apakah bayi anda mendapatkan cukup fluor (manfaat kandungan yang dapat menguatkan gigi)
  2. Ingatlah bersihkan gusi dengan menggunakan kain halus dan lembab atau dibasahi air matang, untuk sekedar membersihkan gusi, setidaknya dua kali sehari atau setelah meminum susu.
  3. Jangan membiarkan bayi anak tertidur dengan masih meminum susu dengan dot dalam waktu yang lama, kecuali meminum air putih.
  4. Berikan air putih yang cukup dan membersihkan dot bayi dengan teratur.
  5. Saat gigi mulai tumbuh biasakan membersihkan dengan kain lab halus dan lembab dengan air matang. Bersihkan setiap permukaan gigi dan batas gusi secara pelan-pelan, dan jangan memaksa jika lidah bayi mulai dijulurkan.
  6. Sering dibersihkan minimal 2 kali sehari karena usia ini bayi anda sudah mendapatkan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).
  7. Kebiasaan lain dari bayi usia berikut salah satunya adalah dengan menggigit benda disekitar nya, tolong dihentikan dan kalau perlu disiapkan benda khusus yang empuk dan kebersihan nya dijaga dengabn dicuci. Namun perlu diingat bunda JANGAN DIBIASAKAN.
  8. Saat gigi geraham bayi mulai muncul, gunakanlah sikat gigi yang khusus bayi dengan permukaan lembut dan dari bahan nilon yang banyak dijual di toko peralatan bayi.
  9. Jangan gunakan pasta gigi untuk bayi, karena sangat riskan tertelan dan menggunakan air matang ketika membersihkan.
  10. Sesekali di cek atau periksa kepada dokter anak atau dokter gigi.]

 

  1. Cara merawat mulut dan gigi bayi pada usia 13-24 bulan:

Usia mulai banyak penyempurnaan atau pertumbuhan gigi secara lengkap, bayi juga mulai ingin banyak merasakan berbagai makanan untuk mencari rasa yang dia sukai. Dan pada usia inilah bentuk gigi dan gusi akan mulai terlihat. Perlu dibiasakan membersihkan secara mandiri kepada anak pada tahap ini. Berikut cara merawat gigi :

  1. Mulailah memberikan pasta gigi berfluoride ketika anak menggosok gigi.
  2. Jangan biarkan anak tidur dengan botol susu (sambil minum susu dari botol), kecuali air putih.
  3. Pergunakan pasta gigi yang sesuai takaran sikat giginya atau seukuran sebutir kacang.
  4. Membiasakan untuk sikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari (sehabis sarapan dan sebelum tidur di malam hari)
  5. Gunakan sikat gigi yang lembut dari bahan nilon, ukuran sikat gigi yang sesuai dengan rongga mulut anak.
  6. Mengganti sikat gigi tiap tiga bulan atau bila bulu-bulu sikat sudah rusak.
  7. Jadilah teladan dengan mempraktekkan kebiasaan menjaga kesehatan mulut dan lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.
  8. Biasakan anak untuk memakan makanan ringan yang sehat, seperti buah segar dan sayuran segar.
  9. Hindari makanan ringan yang mengandung gula atau manis.

 

  1. Usia diatas 3 tahun

Usia tahap pembiasaan mandiri untuk membersihkan gigi anak anda, Bunda atau Moms tinggal mengingatkan waktu pagi atau malam hari sebelum tidur atau sesudah makan.

Pembiasaan dari dini anak untuk membersihkan gigi sangatlah baik. Semoga cara merawat gigi balita yang baru tumbuh bisa diterapkan pada anak ibu yang masih balita.

Related For cara merawat gigi balita yang baru tumbuh

Random Search Terms

Recent Post

Anak atau Balita dalam masa…
Perlunya perhatian khusus untuk pasien…
Salah satu penyakit yang sangat…