Pin It
Menu

Gigi Anak Tumbuh Tidak Rapi? Ini Dia Sebabnya

April 9, 2017 | Anak Sehat, Sehat Bugar

Melihat ada seseorang dengan gigi manis dan tertata akan sangat menarik diperhatikan oleh oranglai. Lain halnya jika gigi anak tumbuh tidak rapi. Ini juga membawa tingkat kepercayaan diri yang meningkat. Sebagai modal awal juga Bun kalau anak kita kedepan mau menjadi model, pramugari atau profesi yang menuntut penampilan yang baik.

mencegah-gigi-anak-tumbuh-tidak-rapi-ini-dia-tipsnya-290x300 Gigi Anak Tumbuh Tidak Rapi? Ini Dia Sebabnya

Ada cara nya bun terutama ketika kita sejak dini memperhatikan perkembangan anak kita yaitu masalah gigi. Gigi setiap anak memang akan pada masanya berganti dari gigi susu menjadi gigi masa dewasa. Ketika gigi susu sudah tanggal perlu ditata dengan baik.

Menurut “drg. Imelda Maharani, Sp.Ort” dari Bamed Dental Care, banyak kebiasaan buruk yang tanpa disadari justru membuat gigi berantakan. Salah satu kebiasaan tersebut adalah mengisap ibu jari.

Kebiasaan yang buruk anak atau balita juga akan mempengaruhi terbentuknya tatanan gigi. Sebagai contoh ketika anak sering menghisap jempol atau memasukkan jari tangan ke mulut dan menggigit kukunya, hal ini dapat mengakibatkan ada tekanan pada rongga atau gusi balita anda. Kebiasaan ini akan membuat gusi anak anda tidak merata.

Kebiasaan yang kedua menggigit mainan atau bahkan orang disekitar nya. Dalam hal ini memang ada fase anak dalam mengenal panca indera nya dengan memasukkan benda ke mulut, namun ini jangan dibiasakan ya Bun… Apalagi mainan atau benda tersebut sampai digigit dengan kuat itu akan membuat gusi dan rongga mulut goyang.

Kebiasaan berikutnya adalah menjulurkan lidah atau lidah sikecil dimainkan didalam rongga mulut untuk meraba gigi-gigi yang baru tumbuh. Hal ini juag bisa membuat posisi gigi tertekan dan gusi akan tidak merata.

Hal terkahir yang juga sering ditemukan para bunda yang dapat menjadi penyebab gigi tidak rata adalah menggesekkan gigi dengan gigi yang lainnya, bahkan ada beberapa kasus sampai berbunyi keras.  Jika ia melakukan hal buruk tersebut segera hentikan.  Namun, jika sudah terlambat para Bunda atau Mom dapat melakukan perawatan agar susunan giginya kembali normal.

Perawatan secara medis yang bisa dilakukan pada anak antara lain menggunakan alat removable appliance untuk kasus sederhana tanpa diskrepansi rahang, alat fungsional appliance untuk kasus dengan diskrepansi rahang pada masa tubuh kembang atau alat fixed appliance. Gigi yang keropos atau tidak tumbuh dengan sempurna diawal gigi susu mereka memang bukan hal yang harus ditakutkan. Tapi bunda perlu pengawasan dan perawatan khusus agar setelah tumbuh gigi yang utama tidak terjadi kropos dan tumbuh tidak sempurna

Perawatan gigi yang baik dimulai dengan membiasakan yang baik pula. Anak atau bayi dapat dilatih ketika memasuki usia 2 tahun atau ketika sudah dapat mengenali perintah bunda. Merawat gigi bayi dalam masa pertumbuhan dapat dilakukan sejak berusia 0-6 bulan dan tahap-tahap selanjutnya, berikut tahapan dalam perawatan gigi sesuai usia anak :

  1. Tahapan saat usia 0 – 6 bulan
  2. Tahapan saat usia 7-12 bulan
  3. Tahapan saat usia 13-24 bulan
  4. Tahapan saat usia pasca Batita (Tiga Tahun)

Setiap tahapan memiliki cara yang berbeda dalam penanganan perawatan gigi. Bunda dapat mengikuti tahapan dan cara perawatan gigi sesuai usia anak anda untuk mencegah gigi anak tumbuh tidak rapi.

Related For Gigi Anak Tumbuh Tidak Rapi? Ini Dia Sebabnya

Random Search Terms

Recent Post

Anak atau Balita dalam masa…
Perlunya perhatian khusus untuk pasien…
Salah satu penyakit yang sangat…